Kamis, 09 Agustus 2012

Semua Tentang Twitter

Kata twitter pasti sudah familiar ditelinga namun masih banyak yang belum tahu dan mengerti fungsi dari twitter tersebut. Baiklah... Disini akan ku jelaskan sedikit tentang twitter.

Twitter adalah sebuah jejaring sosial berupa micro-blogging yang cukup terkenal saat ini, sama seperti Facebook. Cara Menggunakan Twitter sebenarnya cukup mudah, Tapi sebelum Anda mengetahui Cara Menggunakan Twitter, ada baiknya Anda lebih mengenal dulu Twitter. Ini contoh Twitter @TheRealMutia

1. Sejarah Twitter
Pendiri Twitter bernama Jack Dorsey, dan didirikan pada tahun 2006. Sejak saat itu Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Twitter kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".

Situs Twitter saat ini dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc. Dengan Twitter, pengguna dapat mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan(tweets). Banyaknya kicauan atau teks tulisan hanya dibatasi 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna.

Secara default kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").

Logo Twitter berupa seekor burung berwarna biru yang bernama "Larry the "Bird", pemberian nama tersebut berdasarkan nama seorang mantan pemain basket NBA, Larry Bird. Nah, mungkin itu saja pengetahuan singkat tentang sejarah Twitter. Berikut adalah Cara Menggunakan Twitter selengkapnya:

1. Followers: followers adalah orang yang mengikuti kita dan akan menerima setiap pembaharuan yang dilakukan.

2. Followings: followings adalah orang yang kita ikuti dalam twitter. Ini merupakan kebalikan dari follower, kita akan menerima setiap update orang yang kita follow.

3. Re-Tweet: ret tweet yang sering disebut dengan RT adalah menulis ulang tweet orang lain dalam profile kita sendiri dan biasanya diikuti dengan nama orang yang membuat tweet pertama kali.

4. Trending Topics = trending topics adalah topik yang sedang hangat di antara pengguna Twitter sedunia. Biasanya trendingtopics ini akan muncul dan selalu di update pada halaman twitter kita.

5. Over Head: over head atau disingkat dengan OH adalah menulis ulang tweet orang lain tanpa menyebutkan sumber tweet tersebut.

6. Direct Message: direct message atau disingkat dengan DM adalah pesan pribadi teman kita (followers) kepada kita.

7. Tanda @ = tanda @ adalah mem - tag atau mengkhususkan tweet kepada salah satu teman yang kita beri tanda.

8. Hash Tags : hash tags dalam twitter di definisikan dengan tanda #. Tanda pagar ini biasanya digunakan untuk mempermudah pencarian topik yang sedang hangat di twitter. Misalnya topik yang sedang hangat adalah Bisnis Online, maka untuk mempermudah pencarian tentang topik tersebut kita menulis #JualBarang sebagai keyword.

Nah, itulah beberapa Cara Menggunakan Twitter yang mungkin bermanfaat Bagi Pemula. Selama menggunakan twitter, ada baiknya Anda bijak menggunakannya, etika dan aturan sosial saat berkomunikasi harus tetap diperhatikan.


2. Istilah-Istilah Twitter
Twitter memang telah menjadi sebuah fenomena, di bidang microbloging, dan di Indonesia Twitter semakin terkenal apalagi dengan banyaknya orang terkenal, artis sampai politikus yang mempunyai akun twitter dengan ribuan follower, seperti Coboy Junior misalnya.
Kalau anda baru menjadi Tweeple dan sedikit bingung dengan berbagai istilah di dunia Twitter, mungkin catatan berikut akan memberikan sedikit gambaran tentang apa saja sih istilah di Twitter yang seringkali dipergunakan orang.
  • Retweet (RT). Mengulang tweet seseorang di Twitter, maksudnya biar orang yang membaca Tweet anda, tahu darimana sumber Tweet yang sebenarnya.
  • Mistweet. Kesalahan mengirim Tweet. Tanpa sengaja mengirim Tweet pada follower.
  • Tweeple. User Pengguna Twitter
  • Tweeps. Teman-teman anda selain di Twitter juga di Jejaring sosial lainya, misal Facebook, Friendster atau MySpace
  • Twaiting. Tweet yang dikirim saat sedang menunggu seseorang atau sesuatu, misal saat sedang menunggu pesawat di airport.
  • Twalking. Tweet yang dikirim saat anda sedang jalan-jalan.
  • Dweet. Sebuah tweet (update) yang dikirim dalam keadaan “mabuk”, Dweet kemungkinan besar akan menjadi semacam Mistweet.
  • Twebay. Jualan di Twitter.
  • Tweetheart. Kekasih hati di Twitter.
  • Twis. Sikap kurang menghormati seseorang di Twitter
  • Hashtag. Tweet tentang topik yang spesifik, misal kalau anda dan kawan-kawan sedang membicarakan tentang Tasikmalaya, maka didepan tweet diberi tag #Tasikmalaya sehingga pembicaraan akan terus terfokus pada masalah Tasikmalaya.
  • Microblog. Twitter adalah kegiatan nge-Blog namun dalam karakter terbatas yakni 140 karakter, itulah kenapa Twitter disebut microblog
  • Nudge. Sebuah sinyal/pemberitahuan pada seseorang di Twitter untuk mengupdate status terakhir.
  • Twaffic. traffic di Twitter.
  • Tweet. Pesan yang dikirim lewat Twitter.
  • Tweet Back. Membicarakan kembali Tweet yang sudah lama.
  • Tweeter. Orang yang mengirim Tweet
  • Twitosphere. Komunitar Tweeter
  • Twitpocalypse. Sebuah topik atau moment di Twitter yang membuat Twitter Client mengalami crash.
  • Twapplications. Aplikasi untuk mengakses Twitter.
  • Twead. Membaca Tweet di Twitter
  • Twittastic Twitter fantastic.
  • Twittercal mass. Sebuah reaksi besar-besarnya atas sebuah topik di Twitter, seperti yang menimpa terhadap salah seorang artis cantik di Indonesia.
  • Twitterphobe. Orang yang takut bergabung dengan Twitter
  • Twitterphoria. Rasa senang saat seseorang yang anda follow, akhirnya menjadi Follower anda.
  • Twitterstream. Twitter timeline.
  • Twittertude. Sebuah sikap buruk di Twitter
  • Twitticisms. Sebuah Tweet yang lucu.
3. Cara Membuat Twitter
Berhubung sekarang sudah tahun 2012 dan Twitter sudah mengubah tampilannya menjadi lebih dinamis, ini aku sajikan bagaimana cara membuat akun twitter anda.

1. Siapkan sebuah email, Bagi yang belum punya email atau lupa dengan password email disarankan untuk membuat email baru - Lihat cara membuat email di gmail <== Rekomendasi

2. Buka halaman twitter (Klik ==>
Twitter.com)

Tampilan awal twitter.



Agar lebih mudah, silahkan ganti dulu tata bahasa web twitter tersebut agar mudah cara membuat twitter nantinya, caranya tinggal klik dibagian atas kanan, seperti pada gambar dibawah.



3. Isi kolom pendaftaran pada bagian kotak kiri bagian bawah, Lihat gambar pertama.

- Kolom pertama isi dengan nama (minimal 2 kata)
- Isi dengan email yang digunakan untuk membuat twitter
- isi dengan password atau kata sandi untuk masuk nantinya di akun twitter setelah selai membuat twitter.
Jika sudah selesai klik tombol kuning (Daftar ke twitter)

4. Akan dibawa ke sebuah halaman untuk melengkapi pendaftaran.


Perhatikan;
- Kolom pertama adalah nama
- Alamat email yang digunakan untuk pendaftaran
- Kata sandi (Ingatlah selalu kata sandi ini, gunakan yang gampang saja)
- (Paling penting!) Nama twitter yang ingin dibuat, ini akan menjadi penanda jika anda menyampaikan kepada seseorang, "hey.. twitter kamu apa?" maka itulah yang harus anda jawab. nama twitter bisa dari sebuah kata atau 2 buah kata yang disambung (tidak boleh dipisah)
- ada sebuah tulisan "biarkan saya tetap masuk pada komputer ini". jika itu adalah komputer milik pribadi silahkan di centang, jika itu komputer "keroyokan" ada baiknya anda tidak perlu mencentang'nya jika tak mau akun anda di hack.

Oh ya, jangan lupa tulisan-tulisan hijau dibagian kanan anda indikasi bahwa isian yang diketik adalah benar, jika tulisannya berwarna merah berarti ada yang salah.


Jika sudah selesai, klik tombol kuning "buat akun saya"


5. Jika semua telah selesai, akan terbuka sebuah halaman baru.



Klik tombol "Selanjutnya" dibagian kotak sebelah kiri.


6. Untuk memiliki sebuah akun twitter setidaknya anda harus "memfollow/mengikuti" 5 orang di twitter, dibagian kiri halaman sudah disediakan beberapa rekomendasi, tinggal klik "Follow atau Ikuti" sebanyak 5 orang.



Setelah selesai klik tombol "selanjutnya", akan muncul lagi rekomendasi




Nah. mulai dari sini kita lewati saja langkah ini, klik "lewati langkah ini", dibagian bawah box tersebut.




Lewati lagi.


7. Nah sekarang waktunya mengisi data diri, mulai dari mengupload foto, mengisi biodata dan kota tinggal.



Lihat contoh diatas, siapkan sebuah foto yang baik untuk diupload di komputer anda yang akan dijadikan foto profile. jika sudah selesai klik tombol biru "simpan". usahakan foto yang mau diupload memiliki setidaknya ukuran gambar kurang dari 700kb sesuai dengan instruksi diatas.


8. Muncul sebuah halaman pemberitahuan dan halaman twitter milik anda sendiri, ups... tapi ada sebuah pemberitahuan dibagian atas yang berbunyi "konfirmasi alamat email anda untuk mengakses semua fitur twitter", apa artinya itu.. artinya kita diminta untuk melakukan konfirmasi yang telah dikirim ke alamat email yang tadi digunakan untuk mendaftar.



9. Cek email yang digunakan untuk mendaftar tadi. ada sebuah pemberitahuan.



Klik email tersebut, lalu lakukan konfirmasi dengan meng-klik sebuah link yang terdapat di dalam email tersebut.




10. Dan... Taraaaaaa..... anda telah memiliki akun twitter secara resmi...




11. Silahkan klik tombol dibawah ini (SATU KALI SAJA) untuk melakukan langkah terakhir.




12. Cobalah untuk membuat sebuah tweet, lihat box dibagian kiri. ketikan sesuatu maksimal 145 huruf atau karakter.




klik tweet, nah.. itulah yang namanya tweet, jika di facebook sama dengan status. nanti akan muncul dibagian kanan.




Semua langkah sudah dilakukan, kini anda telah memiliki sebuah akun twitter, lalu bagaimana cara masuk nantinya. nah, saat membuka twitter dibagian kanan ada dua buah kotak, yang atas (dengan dua kolom) untuk masuk bagi yang sudah punya akun twitter, silahkan masuk lewat sana. tinggal ketik nama akun (contoh: TheRealMutia) tanpa spasi jangan lupa kata kunci atau password. lalu masuk. :)


Selesai.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.