Kamis, 12 Juli 2012

So..... Move On

Ini pas banget buat teman-teman, sahabat, kerabat yang lagi galau, yang ingin bangkit dari masalah dan segera menghapus kemelut dalam otak dan pikiran.
silahkan klik dan baca.
semoga bermanfaat eaa..... (ngarep)

Sebelum membahas lebih jauh soal "move on", pertama-tama kita bahas dulu apa sih sebenarnya makna dari kata "move on" tersebut.
Zaman semakin modren, begitu juga bahasa gaul semakin bertambah gaulnya di tahun 2012 ini, contohnya aja yang lagi populer-populernya sekarang ini MOVE ON, KAMSEUPAY, KEPO dan banyak lagi (aku juga nggak hafal dan tau semuanya hihihi) itu semua adalah bahasa-bahasa gaul yang sudah sangat lazim digunakan bagi kaum muda zaman sekarang. 
Salah satunya MOVE ON, buat bahasa yang satu ini agak agak mumet aku dengernya. Ini cerita salah satu kawanku "Awalnya dia tidak tahu arti move on itu apa, dia pikir sih move=pindah dan on=hidup, jadi kalau digabungin jadi "pindah hidup" hahaha. Walau sebenarnya dia sudah tahu lama dengan kata-kata itu, tapi dia sendiri tidak tahu cara penggunaannya, atau lebih tepatnya saat-saat yang tepat untuk diucapkan. yah paling dia bilang ketemen-temen yang lagi patah hati "cepet move on ya teman... :).
Move on adalah sebuah istilah yang populer di generasi muda sekarang. Artinya kurang lebih adalah melupakan apa yang telah lalu dan menatap masa depan. Istilah ini lebih sering diterapkan terhadap orang yang patah hati dan sulit melupakan mantannya.
Sebetulnya kata "move on" berasal dari bahasa inggris "move" yang ditambahkan dengan kata "on" menjadi linking verb (alah malah ngajar, hehe) yang artinya bangkit atau bergerak maju. Namun dijaman sekarang istilah move on sering dipakai untuk para remaja yang patah hati, betul apa betuuulll.....???
(Bahasan untuk arti move on selesai)
 Sekarang waktunya kita membahas bagaimana sih yang dimaksud dengan move on itu?
Well, tiba-tiba saja pertanyaan ini muncul di benak saya ketika banyak curcol teman-teman Facebook maupun twitter tentang sulitnya move on.
Yang namanya move on itu susah„ beneran deh. Dan saya tidak mengeneralisir gender. Bukan hanya wanita yang terlihat galau karena patah hati, pria juga mengalami hal yang sama. But they just less expresive.

Adakah trik atau cara untuk move on?
Okay setiap orang punya caranya sendiri-sendiri untuk move on, tapi saya coba uraikan opini pribadi saya di sini. Inilah 10 langkah untuk move on yang saya rangkum dari pengalaman pribadi saya.
1. Jangan mendendam. Satu-satunya hal yang harus dilupakan dari seorang mantan hanyalah kesalahan yang dia perbuat (yang mostly jadi alasan putus).

2. Pasang mindset di fikiran anda bahwa anda beruntung pernah memilikinya. Hal ini akan memudahkan anda untuk ikhlas. Jangan umbar kekurangan/kesalahan mantan. Tiap kali ada yang bertanya kenapa anda putus, tahan emosi untuk mengumpat dan menggunjingkannya. Karena semakin anda mengumbar kesalahannya, anda akan semakin marah.. Dan justru kemarahan adalah faktor utama anda teringat oleh mantan.

3. Hindari membicarakan mantan di depan teman2. maksudnya tiap kali kangen mantan, inget mantan, lagi ada di tempat kenangan, atau lagi denger lagu kenangan.. don’t say it out!! cukup disimpen di hati saja. Karena efeknya sama dengan ketika kita jatuh cinta.
Ketika kita suka sama seseorang, semakin sering kita membicarakan orang tersebut semakin kita tambah suka. Sama juga ketika kita membicarakan mantan„ makin diomongin ya makin inget dong.

4. Stop curcol di public space. Seseorang yang ingin move on, butuh cinta baru sebagai “tujuan” dari “kepindahannya”. Tapi jika seseorang yang diam-diam menyukai anda lalu melihat twit anda yang berisi “Jadi inget dulu suka nganter-jemput si mantan di tempat lesnya.” dijamin si cinta baru akan il-feel dan mundur perlahan.
Lalu bagaimana mau “pindah” kalau si cinta baru udah ngibrit duluan?

5. Say no to STALK! hentikan kebiasaan membuka profile FB mantan anda dgn sengaja.. jika statusnya masuk home page.. cukup dilihat dari home page, tidak perlu membuka profile page-nya.
FB skr udah pinter, dia bakalan masukin recent activity dari profile page yang sering kita buka ke home page. Jadi kalo semakin jarang kita buka profile page mantan. Semakin jarang pula aktivitas perfesbukannya masuk ke homepage kita.

6. Juga kalau mantan anda sudah punya pacar baru, buat apa nge-add FB dan nge follow twitter pacar barunya..? it’s suicidal! lagi pula.. gak enak juga kan kalo “kebetulan” ngeliat foto mesra mantan ama pacar barunya?

7. Perjelas bentuk hubungan anda dengan mantan. Hubungan ambigu setelah putus semacam sahabat atau saudara atau “kakak-adek” hanya akan membuat anda terlihat ngarep.. Bagus kalo sang mantan masih ngarep juga. Nah kalo udah ngarep dan ge er tapi ternyata sang mantan tidak merasakan yang sama, bagaimana? Bisa2 anda desperate dan hanya bisa mengungkapkan komentar semacam ”stop thinking me as an older brother..” ckckck„ ngenes..

8. Hibahin atau buang hadiah2 dari mantan. Bukannya gak menghargai, tapi gimana rasanya tiap masuk kamar liat barang2 dari mantan trus inget lagi? apalagi kalo sampe diupload trus ditag ke mantan.. #ups.. :P
Lalu bagaimana kalau barangnya mahal dan sayang dibuang? Contohnya begini, saya pernah mendapat sebuah parfum Elizabeth Arden dan saya sangat suka wanginya. Dibuang? sayang.. dikasih ke temen? juga gak rela.. Lalu saya memutuskan untuk menghibahkannya ke mama. Saya gak perlu sering2 liat parfum tersebut, tapi ketika saya membutuhkannya, saya tau di mana saya menyimpannya.
Selain dihibahkan bisa juga dijual, luamayan kan bisa dapet duit. Inti dari poin ini adalah menjauhkan mata anda dari barang-barang yang membawa kenangan tersebut. Ingat prinsipnya, out of sight, out of mind.

9. yang ini khusus untuk perempuan: If you still love your ex. let him go… If he come back to you, he’s yours. If he doesn’t, he never will and never was….
Kalau seorang pria benar mencintai anda, dia akan kembali pada anda. Yang anda harus lakukan adalah jangan ge er kalau dia memberikan sinyal harapan. Seorang pria sejati tidak akan memberi sinyal2 dan main pancing2an„ karena dia tau anda bukan ikan.
so, hati2 kepancing ya, gals..

10. Dan yang terakhir, make them regret of leaving you. Tingkatkan kualitas diri dan nikmati hidup. jangan keliahatan desperate dengan twit atau status galau. Jangan juga terlalu clingy dan caper pada mantan. Jangan pantengin TLnya, jangan ngomenin mulu statusnya. Buat anda tidak terlihat kehilangan dia, tapi buat dia yang merasa kehilangan anda.
Kan asik kalo suatu hari mantan kita ngomong, “Dia jadi duta pariwisata, berprestasi, cantik pula. Damn! knp dulu gw tinggalin dia„ nyesel gw!”

well, that’s all. Semoga bisa membantu bagi anda2 yang merasa perlu untuk move one.. 10 point diatas sudah lulus uji coba kok. Saya sudah terapkan kepada dua pria berbeda.. yang pertama, saya berhasil move on. Yang kedua, saya gagal move on.. malah jadian.. #gubrak

Note: contoh cerita di atas bukan fiktif belaka, jadi mohon maaf apabila ada pihak-pihak yang merasa terkait.. semua saya lakukan dengan sengaja #hehehe #penulisngelunjak #maafyaaaaaa :-D

warm regard
Mutia Rahmah

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.